AYAT DAN HADIST DALIL ANJURAN SHOLAT GERHANA MATAHARI

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang cukup fenomenal di kalangan masyarakat. Sehingga penyambutan nya pun begitu meriah. dan kabarnya Gerhana matahari di tahun 2016 ini akan melewati Negara kita Indonesia. Yang mana Gerhana Matahari sebelumnya melewati Indonesia pada tahun 1983.

Bagi Anda yang merasa muslim pastinya ingin tahu, adakah Al-Quran menerangkan tentang Gerhana Matahari? bagi Anda yang beriman pasti yakin akan kebenaran Al Quran. Atau yang terbesit dalam benak Anda, Adakah AYAT DAN HADIST DALIL ANJURAN SHOLAT GERHANA MATAHARI ?

Berikut adalah beberapa dalil dari Al Quran dan Hadis (Sunnah) tentang Gerhana Matahari :

Dalil tentang Gerhana Matahari dari ayat Al Quran:


وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِن كُنتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Dan dari sebagian tanda-tanda-Nya adalah adanya malam dan siang serta adanya matahari dan bulan. Janganlah kamu sujud kepada matahari atau bulan tetapi sujudlah kepada Allah Yang Menciptakan keduanya. (QS. Fushshilat : 37)

Dalil Tentang Gerhana Matahari dari Hadis 
Sabda Rasulullah SAW:


إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu. (HR. Bukhari, Muslim dan Ahmad)

Selain itu Beliau juga bersabda:


لَمَّا كَسَفَتِ الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ رَسُول اللَّهِ  نُودِيَ : إِنَّ الصَّلاَةَ جَامِعَةٌ


Ketika matahari mengalami gerhana di zaman Rasulullah SAW, orang-orang dipanggil shalat dengan lafaz : As-Shalatu jamiah". (HR. Bukhari).

Dengan adanya ayat dan hadist di atas mari kita bersama-sama meningkatkan ketakwaan kepada Allah dengan cara menjalankan sunnah Rasulullah SAW. Yaitu Sholat Gerhana Matahari

Baca juga:
Niat Sholat Sunnah Gerhana Matahari
TATA CARA LENGKAP MELAKSANAKAN SHOLAT GERHANA MATAHARI
Cara Aman Menyaksikan Gerhana Matahari Secara Langsung

Itulah AYAT DAN HADIST DALIL ANJURAN SHOLAT GERHANA MATAHARI Semoga bermanfaat!

0 Response to "AYAT DAN HADIST DALIL ANJURAN SHOLAT GERHANA MATAHARI"

Post a Comment