Wisuda Tahfidzul Quran Bondowoso

WISUDA BONDOWOSO MENGHAFAL AL-QURAN
Wisuda Tahfidzul Quran Bondowoso

    BONDOWOSO, satu-satunyakabupaten di Indonesia yang memikiliki program menghfal Al-Quran  secara menyeluruh yang diberinama BMA (BondowosoMenghafal Al-Quran). Antusian Pemerintah
Acara Wisuda BMA (Bondowoso Menghafal)

Bondowoso terhadap Al-Quran telah dibuktikan dengan mengadakan program ini.Tercatat lebih dari seribu penghafal Al-Quran di Kabupaten Bondowoso. Yang memicu semangat pemerintah untuk mendata dan melanjutkan perjuangan Islam melalui tangan pemerintah. Senin 2 November 2015 merupakan wisuda pertama untuk para penghafal Al-Quran di Bondowoso. Hal ini disambut meriah oleh para penghafal, terbukti dari target yang ada dalam rencana pemerintah. Sebagaimana kutipan dari pidato Bupati Bondowoso:

   “...perlu bersyukur atas kehadirat Allah SWT, kita syukuri ini sebagai nikmat yang diberikan kepa dakita, bahwa di tengah hiruk pikuk zaman modern ini ternyata semangat warga Bondowoso, semangat anak-anak kita untuk menghafal Al-Quran masih sangat tinggi, Alhamdulillah (TepukTangan). Ketika mencanangkan gerakan Bondowoso Menghafal kuranglebih setahun yang lalu, tepatnya 20 Oktober 2014, saya memiliki harpan agar program yang dicanangkan itu bisa berjalan, sekalipun di dalam hati saya merasa was-was, khawatir apakah ada yang bersedia mengikuti program ini. Bahkan ada yang mencibir, ngapai Bupati, Pemeritah ikut-ikutan cawe-cawean sibuk-sibukan gurusi orang menghafal. Tetapi apa yang kita saksikan hari ini. Alhamdulillah sungguh melebihi ekspektasi saya dan mungkin kita semua. Dari 600 orang yang ditargetkan untuk bisa diwisuda pada hari ini ternyata angkanya membengkkak di atas yang ditargetkan mencapai 160%. Jumlahnya 958 dari yang ditargetkan (tepuktangan). Mahabenar Allah ketika berfirman:
Bupati Bondowoso Menyerahkan Piagam secara simbolis kepada Peserta MBA

“Kamilah yang menurunkan Al-Quran dan kamilah yang akanmenjaga Al-Quran itu”
Sulitdibayangkan….”

      Memang target pemerintah Bondowoso dalam program ini adalah sekitar 600 orang, tetapi kenyataanya yang ikut dalam program ini lebih dari seribu dan yang lulus adalah 958 peserta, dan 958 peserta yang lulus dam ujian, telah mengikuti wisuda pada tanggal 2 Oktober 2015. Baik ujian paket 1, 2, 3, 4 danpaketkhusus.
       Program Bondowoso Menghafal ini dibuka untuk seluruh masyarakat Bondowoso, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa bahkan di atasnya. Selain itu pemerintah juga mengajak para Majlis taklim untuk ikut serta dalam program menghafal ini. Semangat pemerintah dalam mencanangkan mampu menelusup sampai pada Pasar-pasar bahkan beberapa tukang becak siap menjadi peserta ini.

Peserta anak-anak mayoritas mengikuti paket 1 yaitu juz 30 (Juz ‘Amma). Peserta remaja mengikuti paket 1 dan 2, yaitu Juz 30 dan juz 1-3. Dan peserta di atas dewasa mayoritas mengikuti paket tiga yaitu Surah Yasim, Al-Waqiah dan Arrahman atau paket 4 yaitu Surah Al-Kahfi dan Al-Mulk. Selebihnya dari itu ada yang mengikuti paket yang 10 juz, 20 juzdan 25 juz.

Pondok Pesantren At-Taufiq salah satu Lembaga  di Bondowoso yang ikut serta memeriahkan BMA
Sementara Peserta yang memang sudah hafal 30 juz, mereka menyatakan tidak bisa  mengikuti wisuda tahun ini. Sekalipun mereka disediakan tempat di namakan wisuda kehormatan yang memang di khususkan bagi yang sudah hafal 30 juz. tetapi mereka lebih memilih untuk tidak ikut wisuda tahun ini.

Itulah sekilas tentagn Bondowoso Menghafal Al-Quran (BMA), nantikan kabar selanjutnya. Semangat dan Maju terus Kabupaten Bondowoso.
 
 

0 Response to "Wisuda Tahfidzul Quran Bondowoso"

Post a Comment